Harits奇妙な現象恋人

Rabu, 21 April 2010

Request:Fenomena Doppelganger

Wah doppelganger? Temennya power ranger bukan?

Eit, bukan gitu Readers.. Justru di post kali ini aku mau coba bahas fenomena doppelganger, ga panajng lebar kok, soalnya topik ini pernah dibahas detil di blog bang enigma, gini-gini..

Doppelganger itu berasal dari bahasa jerman yang artinya kurang lebih artinya double walker. Kurang lebih bisa diartiin sebagai tubuh bayangan dari seseorang. Doppelganger biasa dianggap pertanda buruk. Dalam beberapa tradisi, Doppelgänger dilihat oleh teman atau kerabat dari seorang yang sedang sakit, sementara melihat Doppelgänger diri sendiri konon merupakan pertanda kematian.


Istilah doppelganger muncul pertama kali dalam novel berbahasa jerman, Siebenkas, pada 1796. dalam legenda Romawi Kuno, India, Norwegia, Amerika, bahkan Mesir dan Yunani banyak menceritakan fenomena kembar yang salah satu yang baik dan satunya jahat dan mereka ga menyadari keberadaan satu sama lain, tragisnya mereka ditakdirkan buat saling ngancurin.

Banyak orang meyakini kalo disuatu tempat di dunia ini ada orang yang persis sama dengan mereka, alias punya kembaran.

Ada cerita tentang doppelganger sebagai pertanda kematian:

Penyair Inggris, Percy Blythe Shelley bertemu doppelgangernya waktu berkunjung ke itali, dia melihat sosok berkerudung dirinya sendiri, ketika ia mendekat doppelgangernya cuma bilang "Siete soddisfatto (Are you satisfied)?" sambil menunjuk laut mediterania, terus ilang.. Ga lama setelah itu, sebelum ulang taunnya yang ke 30 pada 1822, Shelley tewas dalam kecelakaan, tenggelam di laut mediterania.



Ratu Elizabeth 1 juga konon dikunjungi, ato ditakut-takuti sama doppelgangernya sebelum kematiannya.



Selama doppelgangernya muncul, biasanya orang yang ditiru sama doppelganger bakal merasa kelelahan tanpa sebab yang jelas.

Ada satu kasus yang terkenal banget soal doppelganger, yaitu kasusEmilie Sagee:


Emilie Sagee adalah seorang guru dari prancis, dia itu.. ah, panjang ceritanya.. Buat cerita lengkapnya klik tulisan warna biru.. Hehe..

Di dunia sains, fenomena ini disebut kadang doppelganger syndrome, Menurut Dr. Brugger, syndrom ini terjadi kalo kita lagi stres, kesepian bahkan tumor. Syaraf kita bakal kegoncang dan representasi internal diri yang ditransfer ke dunia luar. Ga tau deh maksudnya apa.. Lagian penjelasan ini ga bisa ngejelasin tentang doppelganger sebagai pertanda kematian..

Adapun teori yang terkenal adalah eksperimen Sarah Azhari, eh, Shahar Arzy. Menurut eksperimennya, penyebab fenomena doppelganger ini berhubungan dengan gangguan otak kiri.


Yup, kira-kira gini penjelasan singkat dariku.. Commentnya ditungguin loh Readers..

10 komentar:

  1. mantap ni ulasannya..
    ngeri juga ya..
    bingung jadinya bisa gitu..
    mantep dah tulisan u..!

    BalasHapus
  2. Hhe..mkasih michael..
    (='3^=)v
    U 2..

    BalasHapus
  3. ahahahaha! kasian banget si Percy Blythe Shelley. blom juga ultah, udah dipanggil. :D

    BalasHapus
  4. Hush..kasian tw dia..
    Jgn mla d ktawain dong ca..
    (='3'=)?

    BalasHapus
  5. halo kak haritz, kok aku buka blog ini, nggak ada posting baru? lagi sibuk ya?

    aku mau request dari temenku tentang blacksun, makasih, nggak harus secepetnya kok...

    BalasHapus
  6. Sori yov,kn weekend g ngepost,liat d atas deh..
    Beres,d tgu ya?
    (='3'=)

    BalasHapus
  7. klo blog yg ini ngebahas soal yg hntu2x gtu nggk? ap ada lgi yang ghostlover??

    BalasHapus
  8. Waw,hai fadlan,long time no see..
    (='3'=)v
    Utk yg hntu2 kyanya d strange phenomenon aj de..
    Kl bnyk2 tr tkut g k urus..

    BalasHapus
  9. hahaha iya, udh lama nggk nanya2x lgi -_-

    oooh, mau mnta yg soal hntu dong, tpi gambarnya jangan yg serem, nggk kebaca, udh takut duluan hahaha thx ya kak

    BalasHapus

Twitter